Anak Menolak Susu Formula? Atasi dengan 5 Cara Ini


SGM merupakan salah satu merek susu formula yang digunakan para ibu untuk diberikan pada si kecil. Dengan beragam grade umur, susu formula ini dapat memberikan nutrisi kepada anak di segala usia. Namun, tidak sedikit anak yang menolak mengonsumsi susu formula karena berbagai alasan.
 
Pemberian susu formula sendiri tidaklah wajib. Hanya saja, dalam kondisi tertentu bayi mungkin membutuhkan tambahan nutrisi ini. Misalnya, saat produksi ASI ibu menurun, ibu dalam kondisi penyakit tertentu, atau belum terbiasa.
 

Cara Mengenalkan Si Kecil dengan Susu Formula

Dalam kondisi tertentu, Anda memang perlu mengenalkan si kecil dengan susu formula agar nutrisinya tetap tercukupi. Ketika anak sulit menerima susu formula, Anda bisa mencoba beberapa hal baru, seperti:
 

1. Membiasakan Anak Mengenal Berbagai Rasa

Bisa jadi, si kecil menolak susu formula karena tidak menyukai rasanya. Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa memperkenalkan berbagai rasa sejak dini kepada si kecil. Caranya dengan meminum berbagai macam minuman sejak masa kehamilan, termasuk susu formula.
 
Bukan berarti harus mengonsumsi susu formula bayi, tapi bisa mengonsumsi susu formula ibu hamil. Selain itu, cobalah mengonsumsi berbagai rasa agar ketika anak lahir akan mudah beradaptasi dengan rasa susu formula atau MPASI.
 

2. Mencari Sumber Nutrisi Lain

Bagi anak yang sudah berusia 6 bulan ke atas sudah bisa mengonsumsi MPASI (Makanan Penunjang Air Susu Ibu). Jadi pemberian susu formula seperti SGM, tidak menjadi makanan utama si kecil. Namun, Anda tetap bisa mencampurkannya ke makanan si kecil.
 
Anda bisa mencampur berbagai jenis bahan makanan yang mengandung nutrisi untuk anak. Misalnya, buah-buahan atau jenis daging dan ikan. Variasikan sehingga anak mendapatkan nutrisi lengkap dari makanannya.
 

3. Jangan Memaksa Anak Menghabiskan Susu Formula

Sama seperti orang dewasa, bayi atau anak juga bisa menolak ketika Anda memaksanya melakukan hal yang tidak diinginkan. Termasuk saat meminum susu. Apabila anak hanya menghabiskan setengahnya dan menolak walau sudah diberi lagi, artinya Anda harus berhenti.
 
Meminum susu formula tidak ada takaran khususnya dalam sehari. Jadi, ketika Anda berusaha memberikan susu formula pada anak, cobalah dengan ukuran yang tidak terlalu banyak. Misalnya, 100 atau 200 ml.
 

4. Mencoba Menggunakan Metode Lain

Alasan lain anak tidak menyukai susu formula adalah metode yang Anda berikan tidak sesuai dengan si kecil. Jika demikian, Anda bisa mengganti metodenya. Misalnya, anak tidak suka menggunakan dot, bisa gunakan pipet atau meminumkan susu formula menggunakan sendok.
 
Menggunakan dot terlalu lama untuk si kecil juga tidak terlalu baik karena bisa menimbulkan gangguan rahang, rongga mulut, dan menghambat pertumbuhan gigi. Oleh sebab itu, cobalah mengganti metode dan gunakan cara atraktif untuk menggugah keinginan anak untuk minum susu.
 

5. Mengolah Susu Formula Menjadi Makanan Lain

Anak yang sudah berusia 6 bulan ke atas sudah boleh mengonsumsi MPASI sehingga Anda bisa membuat berbagai hidangan dari campuran bahan makanan untuk si kecil. Nah, susu formula bisa dijadikan sebagai salah satunya.
 
Masukkan produk susu formula ke dalam makanan lunak yang diberikan pada si kecil sehingga nutrisinya tetap terjaga. Anda juga bisa menjadikan susu formula ke produk susu lainnya, misalnya es krim, yoghurt, keju, atau olahan seperti puding dan jelly. Jenis makanan seperti ini biasanya lebih disukai anak.
 
Pemberian susu formula sebenarnya tidaklah wajib. Akan tetapi, pada kondisi tertentu hal ini harus dilakukan. Pemberian susu formula harus dilakukan dengan sebaik mungkin, tanpa memaksa atau membuat anak merasa tidak nyaman. Kesabaran dan ketelatenan orangtua sangat dibutuhkan di sinis. Untuk mendapatkan susu formula SGM, kini tidak repot lagi karena sudah bisa membeli di marketplace dengan harga yang bersahabat.

Belum ada Komentar untuk "Anak Menolak Susu Formula? Atasi dengan 5 Cara Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel