Inilah 5 Aturan Ganti Popok Bayi yang Jarang Diketahui


Salah satu kebutuhan bayi yang pasti diperlukan dalam kesehariannya adalah popok. Bagi orangtua, mengganti popok merupakan hal yang wajib dikuasai. Meskipun terlihat mudah namun rupanya mengganti popok bayi memerlukan keahlian khusus, karenanya setiap orangtua harus mengetahui bagaimana aturan mengganti popok yang benar. Ketahui aturan mengganti popok yang benar berikut ini!
 

1. Memilih Permukaan yang Datar

Sebelum Anda mengganti popok si Kecil, Anda perlu mencari tempat dengan permukaan yang datar dan aman untuk menempatkan bayi. Karena bayi berbaring terlentang ketika mengganti popok, tempat yang datar dapat memudahkan Anda agar lebih leluasa membersihkan si Kecil dan juga mengganti popoknya.
 

2. Mempersiapkan Perlengkapan Dalam Jangkauan Tangan

Karena bayi berisiko mudah terguling dan terjatuh dari tempat dimana ia diletakkan, untuk itulah Anda perlu mempersiapkan segala perlengkapan mengganti popok berada dalam jangkauan tangan. Persiapkan segala perlengkapan ganti popok seperti popok, baskom, handuk, plastik wadah popok kotor, hingga baju dan celana.
 

3. Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Mengganti Popok

Aturan selanjutnya ketika ingin mengganti popok adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok. Hal ini dilakukan karena kulit bayi sangat sensitif, terlebih area kelamin dan juga bokongnya. Apabila tak ada air dan sabun, Anda dapat menggunakan hand sanitizer atau tisu basah.
 

4. Mengganti Popok Secara Berkala

Tak lupa untuk selalu mengecek popok si Kecil, setidaknya setiap dua hingga tiga jam sekali. Beda popok tentu berbeda daya tampungnya, selain itu keaktifan bayi pun berpengaruh pada waktu penggantian popoknya.
 
Karenanya tak ada patokan tepat kapan harus mengganti popok si Kecil, sehingga jangan tunggu hingga popoknya bocor. Memakai popok kotor terlalu lama berdampak buruk bagi kebersihan serta berisiko menimbulkan ruam popok pada kulitnya.
 

5. Memastikan Popok Menutup Dengan Sempurna

Aturan terakhir yang jarang diketahui adalah bagaimana memastikan popok menutupi area kelamin dan bokong bayi dengan sempurna. Untuk memastikan popok telah terpasang pas (tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar), cara memeriksanya sangat mudah.
 
Anda hanya perlu memasukkan jari telunjuk dan jari tengah di antara perut dan popok. Apabila ruang antara perut dan popok masih dapat memuat kedua jari Anda, itu berarti popok tersebut sudah pas dengan tubuh si Kecil.
 

Mengapa Bayi Perempuan Lebih Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih?

Karena anatomi pada bayi perempuan itu sangat berlawanan jika dibandingkan bayi laki-laki. Pada bayi perempuan tersebut mempunyai risiko lebih tinggi terkena gangguan infeksi saluran kemih dan juga masalah kesehatan lainnya apabila Anda tidak berhati-hati ketika mengganti popok.
 
Sistem urin internal yang dimiliki bayi perempuan tersebut tidaklah terlindungi apabila dibandingkan dengan bayi laki-laki, sehingga tak heran apabila bayi perempuan lebih rentan terkena infeksi jika dibandingkan dengan bayi laki-laki.
 
Demikianlah aturan ganti popok yang wajib diketahui. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan orangtua terkait masalah ganti popok si Kecil.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Aturan Ganti Popok Bayi yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel